Research Repository

Analisis Semiotika Iklan Layanan Masyarakat versi GTA di YouTube

Show simple item record

dc.contributor.author Pratama, Mhd. Arif
dc.date.accessioned 2024-07-01T08:08:29Z
dc.date.available 2024-07-01T08:08:29Z
dc.date.issued 2024-06-12
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24395
dc.description.abstract ILM yang di-create oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia diperbaharui oleh Divisi Parodi & Iklan Sevra Media dengan mengkolaborasikan dengan iklan layanan masyarakat yang dibuat dengan menggunakan animasi game Grand Theft Auto (yang selanjutnya disebut dengan GTA). ILM Kereta Api versi GTA ini merupakan sebuah kampanye yang ingin menyadarkan para pengendara mulai dari generasi Y, generasi X, generasi Z hingga generasi Alpha untuk mulai tertib berlalu lintas terutama di perlintasan kereta api dikarenakan akibatnya akan sangat mengancam keselamatan diri sendiri dan orang lain. rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana sign (tanda), object (objek), interpretant (penafsiran) pada Iklan Layanan Masyarakat Kereta Api versi GTA akibat menerobos perlintasan kereta api di YouTube?. Sedangkan tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui sign (tanda), object (objek), interpretant (penafsiran) pada Iklan Layanan Masyarakat Kereta Api versi GTA akibat menerobos perlintasan kereta api di YouTube. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan teknik dokumentasi. Data dianalisis melalui 3 tahapan, yakni: reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) Angkot yang menerobos palang pintu Kereta Api dengan signifier (penanda) sebagai tindakan menerobos palang pintu Kereta Api yang memiliki Signified (makna) berupa perilaku tidak patuh aturan dan membahayakan keselamatan, tanda ini memiliki referent (acuan) berupa peristiwa nyata yang sering terjadi di perlintasan kereta api; b) Kecelakaan Kereta Api dengan signifier (penanda) sebagai gambar kecelakaan yang memiliki Signified (makna) akibat fatal dari perilaku tidak patuh aturan, tanda ini memiliki referent (makna) berupa akibat fatal dari perilaku tidak patuh aturan. peristiwa nyata yang sering terjadi akibat kelalaian manusia di perlintasan Kereta Api. Kesimpulan penelitian ini adalah sign, objek, dan interpretant pada Iklan Layanan Masyarakat ini dapat mempengaruhi pesan yang ingin disampaikan oleh peng-create kepada masyarakat sebagai pengguna jalan di sekitar perlintasan kereta api en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Semiotika en_US
dc.subject Iklan Layanan Masyarakat en_US
dc.subject Grand Theft Auto en_US
dc.subject YouTube en_US
dc.title Analisis Semiotika Iklan Layanan Masyarakat versi GTA di YouTube en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account