Abstract:
Produk tabungan qurban adalah program terpadu Bank BTN Syariah yang
diberikan kepada masyarakat di kota medan yang ingin menggunakan tabungan
qurban untuk ikut berqurban setiap tahun qurban, tetapi tidak memiliki cukup
dana dan produk tabungan qurban dapat diakses layanan perbankan. Tujuan
utamanya adalah untuk ,memudahankan perencanaan untuk berqurban dan
investasi akhirat . Produk tabungan qurban ini sudah berjalan 15 tahun lebih tetapi
minat masyarakat masih minim melakukan keputusan untuk menggunakan
tabungan qurban, produk ini tidak berkembang dan tidak sesuai target yang di
inginkan oleh Bank Syariah Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh pemasaran dan daya tarik produk, terhadap keputusan nasabah
menggunakan produk tabungan qurban di Bank BTN Syariah.
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif deskriptif yaitu dengan
menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancaea,
observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang di gunakan yaitu penelitian
lapangan dan penelitian kepustakaan.
Hasil penelitian yang di peroleh yaitu analisis SWOT yang dilakukan Bank BTN
Kantor Cabang Syariah Medan dalam strategi pemasaran sangat efektif dibuktikan
dengan proses pemasaran produk tabungan qurban dengan biaya tyerjangkau yang
memaksimalkan seluruh potensi yang ada, dan masyarakat sangat mendukung dan
merasa senang dengan adanya program tabungan qurban di Bank BTN KCS
Medan .