Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media
pembelajaran digital terhadap kemampuan menulis cerita fabel oleh siswa kelas
VII SMP Al-Washliyah 30 Medan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian
kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VII SMP Al-Washliyah 30 Medan yang terdiri dari 9 kelas
dengan jumlah seluruh kelas VII yaitu 280 siswa, dan sampel dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VII-8 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-9 sebagai kelas
kontrol dengan jumlah 68 siswa, 34 siswa kelas eskperimen 34 siswa kelas
kontrol. Objek yang diteliti adalah penggunaan media pembelajaran digital
terhadap kemampuan menulis cerita fabel. Instrumen penelitian yang digunakan
adalah berupa tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji-t (Independent
Sample T-Test). Berdasarkan hasil analisis uji statistik penelitian ini telah
menjawab hipotesis yakni: memperoleh nilai rata-rata perbedaan antara posttest
kelas kontrol dengan rata-rata 53,09 (sebelum diberikan treatment) dengan nilai
postest kelas eksperimen dengan rata-rata 76,76 (sesudah diberikan treatment)
yaitu Asym.Sig. (2-tailed) bernilai 0,000, karena nilai 0,000 lebih kecil dari
<0,05, maka dapat disimpulkan bahwa “Hipotesis diterima” artinya ada perbedaan
dari sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran digital dalam kegiatan
menulis cerita fabel oleh siswa Kelas VII SMP Al-Washliyah 30 Medan.