Research Repository

EFEKTIVITAS MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA SEKOLAH (STUDI DI SMP NEGERI 4 KERAJAAN KECAMATAN KERAJAAN KABUPATEN PAKPAK BHARAT)

Show simple item record

dc.contributor.author SAHATA PADANG, SABAR ANGGIAT
dc.date.accessioned 2024-06-29T07:22:14Z
dc.date.available 2024-06-29T07:22:14Z
dc.date.issued 2024-01
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24341
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja sekolah di SMP Negeri 4 Kerajaan, Kecamatan Kerajaan, Kabupaten Pakpak Bharat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian adalah guru dan kepala SMP Negeri 4 Kerajaan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : 1) efektivitas perencanaan (planning) manajemen kepala sekolah telah dapat meningkatkan kinerja sekolah, di mana kepala sekolah sudah merencanakan dan menyusun struktur organisasi, merencanakan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP), membuat panduan Rencana Kerja Sekolah (RKS) berdasarkan kekhasan, kondisi, potensi sekolah, potensi daerah, sosial budaya masyarakat, dan kebutuhan peserta didik yang berisi semua kegiatan yang harus dikerjakan oleh guru; 2) efektivitas pengorganisasian (organizing) kepala sekolah telah dapat meningkatkan kinerja sekolah di mana kepala sekolah menyusun tugas dan tanggung jawab guru melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) yang dikontrol melalui ketua. Kegiatan yang dilakukan pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) juga didukung sarana dan prasarana, namun sarana dan prasarana tersebut belum mendukung secara maksimal; 3)Efektivitas penggerakan (actuating) kepala sekolah telah dapat meningkatkan kinerja sekolah di mana guru sudah mampu melaksanakan tanggung jawabnya dengan baik, mampu menyediakan modul ajar, merancang media, memberikan penerapan model belajar yang inovatif serta menaati aturan yang berlaku; 4)efektivitas pengawasan (controlling) kepala sekolah telah dapat meningkatkan kinerja di sekolah di mana pengawasan dilakukan secara rutin untuk mengamati kinerja setiap guru dan selalu melakukan evaluasi melalui supervisi pembelajaran serta menyelesaikan masalah dan kendala yang ada di sekolah. en_US
dc.subject Manajemen en_US
dc.subject Kepala Sekolah en_US
dc.subject Kinerja Sekolah en_US
dc.title EFEKTIVITAS MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA SEKOLAH (STUDI DI SMP NEGERI 4 KERAJAAN KECAMATAN KERAJAAN KABUPATEN PAKPAK BHARAT) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account