dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran Direct Instruction dengan menggunaan media PowerPoint terhadap
hasil belajar siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Swasta Al Washliyah 22
Tembung Tahun Pelajaran 2016/2017. Masalah dalam penelitian ini adalah
rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Swasta Al
Washliyah 22 Tembung.
Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas XI IPS tahun
pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah
purposive sampling atau pertimbangan tertentu kelompok sampel sebagai kelas
eksperimen adalah XI IPS A. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes
tertulis berbentuk uraian yang berjumlah 10 item.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar setelah
perlakuan dengan menggunakan model Pembelajaran Direct Instruction dengan
Menggunakan Media PowerPoint dilihat dari adanya perbedaan hasil rata-rata
nilai post-test kelas eksperimen sebesar 90,41 lebih tinggi dibandingkan post-test
kelas kontrol sebesar 81,89. Dari hasil analisis data post-test kelas eksperimen
diperoleh mean 90,41 dan standar deviasi 11,4898. Sedangkan untuk data post test
kelas kontrol mean 81,89 dan standar deviasi 12,64583. Penelitian menggunakan
uji Liliefors untuk mengetahui normalitas data hasil belajar. Pengujian hipotesis
dilakukan dengan menggunakan uji t dengan taraf nyata = 0,05. Dari data
perhitungan hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,3620 > 1,652yang artinya
diterima yang berarti ada Pengaruh Model Pembelajaran direct instruction
dengan Menggunakan Media PowerPoint Terhadap Hasil Belajar Akuntansi
Siswa Kelas XI IPS Madrasah Aliyah Swasta Al Washliyah 22 Tembung Tahun
Ajaran 2016/2017. |
en_US |