dc.description.abstract |
Pemilihan Umum adalah proses demokratis untuk memilih wakil rakyat atau
pejabat pemerintahan secara langsung oleh warga negara suatu negara. Pemilihan
Umum merupakan mekanisme penting dalam sistem demokrasi modern yang
memungkinkan rakyat untuk berpartisipasi dalam menentukan pemimpin dan
kebijakan negara. Dalam Pemilihan Umum, warga negara yang memenuhi syarat
memiliki hak untuk memberikan suara mereka kepada kandidat atau partai politik
yang mereka pilih. Iklan politik adalah iklan yang berisi tentang hal yang
bersangkut dengan kehidupan politik, Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
bagaimana pengaruh iklan politik pemilu 2024 terhadap pemilih pemula. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan
instrumen pengumpulan data adalah kuesioner. Teknik analisis ini menggunakan
analisis korelasi-regresi yaitu perhitungan yang didasarkan pada kuesioner yang
disebarkan. Hasil Penelitian variabel x berpengaruh terhadap variabel y, dan
variabel (X) memiliki pengaruh sebesar 38% terhadap partisipasi politik, dan
sisanya 62% dipengaruhi oleh variabel lainnya. |
en_US |