dc.description.abstract |
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keaktifan siswa dan hasil
belajar akuntansi siswa kelas X SMK BM Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak di
Kelas X SMK Akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak
model active learning tipe satar with a question terhadap keaktifan siswa dan hasil
belajar pada pokok bahasan buku besar siswa kelas X SMK BM Tarbiyah
Islamiyah Hamparan Perak Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian dilaksanakan di SMK BM Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak
yang beralamat di Jalan Perintis Kemerdekaan No. 1 Simpang Beringin, Kampung
Slemek Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera
Utara. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas X AK yang terdiri dari satu
kelas yang berjumlah 42 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
adalah total sampling sehingga ditetapkan sampel yang digunakan adalah seluruh
kelas X AK yang berjumlah 42 orang sebagai sampel penelitian. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah observasi, angket dan tes tertulis dimana angket
berjumlah 20 soal dan tes berbentuk uraian berjumlah 2 soal. diuji validitas dan
reliabilitasnya.
Dari hasil analisis data angket sebelum perlakuan diperoleh mean 54,83,
dan standart deviasi 6,61. Sedangkan angket setelah perlakuan di peroleh mean
59,88 dan standart deviasi 6,65. Penelitian menggunakan liliefors untuk
mengetahui normalitas data skor angket dan menggunakan uji F untuk mengetahui
homogenitas data. Pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,22 > 1,683,
yang artinya Ha diterima dan Hod itolak. Pre-test diperoleh mean 48,09 dan
standar deviasi 20,15. Sedangkan untuk data post-test mean 78,81 dan standar
deviasi 17,41. Penelitian menggunakan uji liliefors untuk mengetahui normalitas
data hasil belajar dan menggunakan uji F untuk mengetahui homogenitas data.
Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak dengan dk =
N-1 pada α=0,05. Dari data perhitungan hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu
19,93 >1,683, yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak.
Dapat disimpulkan bahwa ada dampak medel active learning tipe start
with a question terhadap keaktifan siswa dan hasil belajar akuntansi kelas X SMK
BM Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak Tahun Ajaran 2016/2017. |
en_US |