dc.description.abstract |
Menganalisis dan memahami dinamika komunikasi interpersonal antara guru dan
anak usia dini di TK Az-zahra. Pentingnya komunikasi yang efektif dalam
perkembangan sosial-emosional anak usia dini dan penciptaan lingkungan belajar
yang kondusif. Berdasarkan teori komunikasi interpersonal, penelitian ini
mengeksplorasi bagaimana interaksi guru dan anak mempengaruhi keterlibatan dan
perkembangan anak dalam konteks pendidikan. Metode penelitian yang digunakan
adalah kualitatif dengan pendekatan observasi partisipatif dan wawancara
mendalam. Data dikumpulkan melalui observasi langsung di kelas serta wawancara
dengan guru dan anak-anak untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang
interaksi dan komunikasi yang terjadi. Reduksi data (Data Reduction), Penyajian
data (Display Data), Penarikan kesimpulan ( Verifikasi). Hasil penelitian
menunjukan bahwa komunikasi interpersonal yang hangat, empatik, dan responsive
dari guru sangat berpengaruh positif terhadap perkembangan sosial-emosional
anak. Anak-anak yang merasa dihargai dan didengarkan oleh guru menunjukan
peningkatan dalam rasa percaya diri, kemandirian, dan keterampilan sosial. Strategi
komunikasi yang efektif, seperti pendekatan individual, mendengarkan aktif, dan
penguatan positif, terbukti membantu dalam membangun hubungan yang kuat
antara guru dan anak. Namun, tantangan seperti perbedaan latar belakang budaya,
variasi dalam kemampuan berkomunikasi anak, dan keterbatasan waktu juga
diidentifikasi. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan khusus bagi guru tentang
teknik komunikasi interpersonal yang efektif dan inklusif, serta penyediaan
dukungan psikososial bagi anak-anak untuk mengatasi masalah emosional dan
sosial. Temuan ini diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas
pendidikan anak usia dini di TK Az-zahra dan institusi pendidikan lainnya. |
en_US |