Research Repository

KOMUNIKASI INTERPERSONAL TK AZ-ZAHRA DENGAN GURU DAN ANAK USIA DINI KECAMATAN HAMPARAN PERAK

Show simple item record

dc.contributor.author WULANDARI, SYLVI
dc.date.accessioned 2024-06-29T03:07:15Z
dc.date.available 2024-06-29T03:07:15Z
dc.date.issued 2024-06-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24317
dc.description.abstract Menganalisis dan memahami dinamika komunikasi interpersonal antara guru dan anak usia dini di TK Az-zahra. Pentingnya komunikasi yang efektif dalam perkembangan sosial-emosional anak usia dini dan penciptaan lingkungan belajar yang kondusif. Berdasarkan teori komunikasi interpersonal, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana interaksi guru dan anak mempengaruhi keterlibatan dan perkembangan anak dalam konteks pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan observasi partisipatif dan wawancara mendalam. Data dikumpulkan melalui observasi langsung di kelas serta wawancara dengan guru dan anak-anak untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang interaksi dan komunikasi yang terjadi. Reduksi data (Data Reduction), Penyajian data (Display Data), Penarikan kesimpulan ( Verifikasi). Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi interpersonal yang hangat, empatik, dan responsive dari guru sangat berpengaruh positif terhadap perkembangan sosial-emosional anak. Anak-anak yang merasa dihargai dan didengarkan oleh guru menunjukan peningkatan dalam rasa percaya diri, kemandirian, dan keterampilan sosial. Strategi komunikasi yang efektif, seperti pendekatan individual, mendengarkan aktif, dan penguatan positif, terbukti membantu dalam membangun hubungan yang kuat antara guru dan anak. Namun, tantangan seperti perbedaan latar belakang budaya, variasi dalam kemampuan berkomunikasi anak, dan keterbatasan waktu juga diidentifikasi. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan khusus bagi guru tentang teknik komunikasi interpersonal yang efektif dan inklusif, serta penyediaan dukungan psikososial bagi anak-anak untuk mengatasi masalah emosional dan sosial. Temuan ini diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini di TK Az-zahra dan institusi pendidikan lainnya. en_US
dc.subject komunikasi interpersonal en_US
dc.subject guru en_US
dc.subject siswa en_US
dc.title KOMUNIKASI INTERPERSONAL TK AZ-ZAHRA DENGAN GURU DAN ANAK USIA DINI KECAMATAN HAMPARAN PERAK en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account