Abstract:
Gen Z merupakan generasi berbeda yang identik dengan generasi yang kreatif dan
imajinatif. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah. Sebagai generasi post milenial yaitu sebutan lain dari generasi Z atau mereka yang lahir setelah tahun
1996 memiliki kemampuan yang berbeda dari generasi-generasi sebelumnya.
Semangat berbisnis generasi Z dalam membuka usaha pada akhirnya akan
meingkatkan perekonomian Negara. Terdapat beberapa keuntungan yaitu
Penciptaan Lapangan Kerja: Dengan membuka usaha mereka sendiri, generasi Z
dapat menciptakan lapangan kerja baru. Dominasi generasi Z di provinsi Sumatera
Utara khususnya kota Medan tentu saja akan menjadi peluang pembangunan
ekonomi di wilayah kota Medan. Untuk menganalisis secara deskriptif terkait
perkembangan usaha kecil yang dijalankan Gen Z di Kota Medan serta melakukan
Analisa Faktor yang mempengaruhi keputusan Gen Z untuk memulai sebuah bisnis
di Kota Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitafif dan
kualitatif, analisis faktor dengan program smart PLS 3.0. Hasil penelitian
menyatakan terdapat Faktor Sosial, Faktor Pribadi dan Faktor Psikologis yang dapat
di jadikan konstruk melihat Keputusan Gen Z memulai bisnis.