Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Terhadap
Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Muhammadiyah 7 Medan Dengan
Menggunakan Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC).Metode penelitian
yang digunakan adalah kuantitatif dengan isntrumen utama berupa angket dengan
sampel penelitian sebanyak 25 orang siswa. Teknik analisisdata menggunakan
Korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa model
pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle berpengaruh terhadap prestasi
belajar matematika dengan nilai korelasi sebesar 0,021 dengan tingkat korelasi
sangat rendah, motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar
matematika dengan nilai korelasi sebesar 0,108 dengan tingkat korelasi rendah,
dan model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle dan motivasi secara
bersama berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika pokok bahasan sistem
segiempat dan segitiga di kelas tersebut dengan nilai korelasi sebesar 0,108 dengan
tingkat korelasi rendah. Disarankan kepada guru mata pelajaran untuk
meningkatkan kompetensi dan model- model pembelajaran yang mampu membuat
siswa telebih aktif dan termotivasi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.