Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penggunan
Model Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa PKn kelas VIII SMP
Swasta Medan Tahun Pelajaran 2017/2018 pada materi Hakikat Demokrasi.
Subjek penelitian ini adalah peneliti yang bekerja sama dengan guru mata
pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas VIII SMP Al-Hidayah Medan .
Adapun yang menjadi hasil dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa
pada tes awal diperoleh 13 dari 32 siswa (46,40%) yang mencapai ketuntasan dan
yang belum mencapai ketuntasan 19 orang siswa. Hasil belajar post test siswa
pada siklus I diperoleh sebanyak 20 siswa(62,5%) yang mencapai ketuntasan,
sementara yang belum tuntas sebanyak 12 orang siswa(37,5%) sedangkan untuk
hasil belajar pada siklus II dipeoleh sebanyak 32 siswa (90,62%) yang mencapai
ketuntasan, sementara yang belum tuntas sebanyak 4 orang siswa (12,5%).
Bedasarkan hasil siklus II diketahui bahwa Motivasi dan hasil belajar siswa telah
meningkat dan berhasil.