Research Repository

POLA MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM PENDIDIKAN INKLUSI DI SMA MUHAMMADIYAH GUNUNG MERIAH ACEH SINGKIL

Show simple item record

dc.contributor.author SURIANI SANTRI, LAIRI
dc.date.accessioned 2024-06-27T01:29:43Z
dc.date.available 2024-06-27T01:29:43Z
dc.date.issued 2024-03-06
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24209
dc.description.abstract Mengetahui pola manajemen kepala sekolah dalam pendidikan inklusi di SMA Muhammadiyah Gunung Meriah Aceh Singkil. dengan menggunakan metode penelitian kualitataif dan tekhnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil menunjukkaan Perencanaan yaitu, terlebih dahulu menetapkan tujuan, menyusun struktur, merumuskan keadaan, mengelola SDM, dan pengembangan metode pembelajaran. Penerimaan peserta didik berdasarkan tingkat berkebutuhan khusus kategori rendah dan sedang. Dengan membawa surat rekomendasi dari psikolog dan rekomendasi dari SLB.Unsur pengorganisasian yaitu, Pembagian tugas yang harus dilakukan oleh kepala sekolah SMA Muhammadiyah setiap peserta untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan merupakan inti dari pendidikan inklusif. Dijelaskan bahwa organisasi tersebut meliputi (1) mengklasifikasikan kepada guru sesuai dengan kebutuhan peserta didik ke dalam kategori yang berbeda berdasarkan peraturan ABK, dan (2) meningkatkan kompetensi guru melalui pendidikan dan pelatihan sesuai dengan persyaratan keahlian pendidik.Unsur pelaksanaan yaitu, Dalam melaksanakan pendidikan inklusif tentu kurikulum juga mempengaruhi proses pembelajaran. Disini kurikulum yang dipakai adalah K13 yang dimodifikasi untuk peserta didik berkebutuhan khusus. Serta guru akan membuat RPP yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik yang berkebutuhan khusus. Selain kurikulum dan RPP interaksi antara guru dan peserta didik, peserta didik reguler dan peserta didik berkebutuhan khusus juga perlu diperhatikan. Guru memberikan interaksi yang intens terhadap anak berkebutuhan khusus. Evaluasi yaitu, Evaluasi dilakukan untuk mengetahui sejauh mana anak berkebutuhan khusus mampu bersekolah di sekolah reguler. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat dilihat bahwa setiap siswa berkebutuhan khusus akan dilakukan evaluasi berupa metode kognitif, affektif, psikomotor yang disesuaikan dengan anak bekebutuhan khusus. en_US
dc.subject Pola Manajemen Kepala Sekolah Dalam Pendidikan Inklusi en_US
dc.title POLA MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM PENDIDIKAN INKLUSI DI SMA MUHAMMADIYAH GUNUNG MERIAH ACEH SINGKIL en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account