Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana cara penerapan
pendidikan karakter yang terdapat pada kurikulum 2013, dan bagaimana
langkah-langkag pendidik dalam pembentukan moral siswa di SMP PAB 2
HELVETIA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis
data-data yang diperoleh tentang penerapan pendidikan karakter yang
dilakukan oleh pendidik dalam pembentukan moral dan perilaku siswa di SMP
PAB 2 HELVETIA.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang
menghasilkan data deskripitif berupa kata tertulis atau lisan tentang orangorang
atau
perilaku
yang
diamati
yaitu
pendidik
dan
peserta
didik
di
SMP
PAB
2
HELVETIA.
Pengumpulan
data
dilakukan
dengan
mengadakan
pengamatan,
wawancara,
dan
dokumentasi,
dan
untuk
teknik
analisis
data
digunakan
teknik
deskriptik
analitik
yaitu
teknik
analisis
data
dengan
menuturkan,
menafsirkan
serta
mengklasifikasikan,
dan
membandingkan
fenomena-fenomena
serta
dengan
menggunakan
pemikiran
secara
induktif,
yang
cara
berfikirnya
berangkat
dari
faktor-faktor
atau
peristiwa
yang
khusus,
yang
kemudian
ditarik
kesimpulan
yang
umum.
Dari
hasil
penelitian
ini
dapat
dilihat
peningkatan
moral
dan
perilaku
siswa
dengan
menerapkan
Pendidikan
karakter
yang
terdapat
pada
Kurikulum
2013.
Dengan
demikian
disimpulkan
bahwadengan
penerapan
pendidikan
karakter
moral
dan
perilaku
siswa
dapat
lebih
meningkat
pada mata pelajaran PKn di SMP PAB 2 Helvetia Tahun
Pembelajaran 2017/2018.