Abstract:
Penelitian ini dilaksanakan di sekolah SMP Negeri 29 Medan Semester Genap
Tahun Pembelajaran 2017/2018 yang terletak di Letda sujono/ Benteng Hulu
Medan. Yang menjadi populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII
SMP Negeri 29 Medan yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 107 orang siswa,
Teknik pengambilan sample pada penelitian ini menggunaka Simple Randoum
Sampling yaitukelas yang menjadi sample yang diteliti adalah kelas VIII-I
samapai dengan kelas VIII-III sebanyak 36 orang siswa. Instrumen yang
digunakan adalah angket tertutup. Yang mana angket ini melakukan pengamatan
di SMP Negeri 29 Medan serta angket Kompetensi pedagogik guru terhadap
minat belajar siswa . Dari hasil penelitian ini dapat dilihat peningkatan minat
belajar siswa dengan menggunakan pengaruh kompetensi pedagogik guru dengan
penelitian yang dilakukan, maka ditemukan bahwa kompetensi pedagogik guru
sangat berpengaruh terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn.ini
terbuktidengan nilai koefisiensi korelasi rhitung = 0,606. Dari tabel r product
moment untuk n = diperoleh rtabel 0,329. Jadi, karena rxy (0,606) >rtabel (0,329)
maka korelasi Kuat. Dari hasil perhitumgan hipotesis diperoleh thitung7,990
sebesar taraf signifikan α =0,05 dan dk = n-2 = 36 -2 = 34, maka peroleh harga
ttabel 2,032. Diperoleh thitung 7,990 > ttabel 2,032 ini berarti Ha diterima artinya
adanya pengaruh yang signifikan antara pembelajaran kompetensi pedagogik guru
terhadap minat belajar siswa. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh kompetensi pedagogik terhadap minat belajar Siswa pada mata pelajaran
PKn di SMP Negeri 29 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.