Abstract:
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan e-modul pembelajaran
matematika berbasis integrasi pada materi relasi dan fungsi. Tujuan penelitian ini
untuk mengetahui bagaimana pengembangan e-modul pembelajaran matematika
berbasis integrasi pada materi relasi dan fungsi, selain itu juga mengetahui tingkat
kelayakan serta respon siswa terhadap e-modul pembelajaran yang dikembangkan.
Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan
model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D melalui 3 tahapan yaitu
Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), dan Development
(Pengembangan). Pada tahap Development (Pengembangan) peneliti melakukan
uji coba produk dengan uji kelompok kecil pada siswa kelas VIII-1 MTs TPI
Medan yang berjumlah 15 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e modul pembelajaran matematika berbasis integrasi pada materi relasi dan fungsi
yang telah dikembangkan mendapat tingkat kelayakan sebesar 90% dari validator
ahli materi dengan kriteria sangat layak, 89% dari validator ahli media dengan
kriteria sangat layak dan validator ahli agama 92,5% dengan kriteria sangat layak,
sedangkan 88,53% dari angket respon siswa dengan kategori baik sekali atau
sangat menarik.