Abstract:
Model pembelajaran Modeling The Way merupakan kiat, petunjuk, strategi dan
seluruh proses belajar yang dapat mempertajam pemahaman dan daya ingat, serta
membuat belajar sebagai suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat.
Proses belajar harusnya berjalan menyenangkan untuk siswa. Ini adalah hal yang
sesungguhnya sangat mendasar dari sebuah proses belajar. Di dalam pembelajaran
PKn sering terjadi masalah kurangnya keaktifan siswa saat proses pembelajaran
berlangsung, berdasarkan masalah tersebut peneliti terdorong untuk melakakukan
tindakan penelitian ini yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa
dengan menerapkan model pembelajaran Modeling The Way di MTs Swasta AlWashliyah
28
Sei
Rampah.
Jenis
Penelitian
ini
adalah
Penelitian
Tindakan
Kelas
(PTK),
Subjek
penelitian
ini
yakni
Guru
dan
peneliti,
diimana
peneliti
bekerja
sama
dengan
guru
mata
pelajaran.
Objek
dalam
penelitian
ini
adalah
Siswa
kelas
VIII
B
yang
berjumlah
23
Orang.
Teknik
pengumpulan
data
yang
digunakan
dalam
penelitian
ini
adalah
Observasi
yang
digunakan
untuk
memperoleh
data
tentang
keaktifan
belajar.
Berdasarkan
hasil
penelitian
dapat
disimpulkan
bahwa
adanya
peningkatan
keaktifan
belajar
dengan
menerapakan
model
pembelajaran
Modeling
The
Way
pada
siswa
kelas
VIII
B
MTs
Swasta
Al
Washliyah
28
Sei
Rampah.
Peningkatan
keaktifan
belajar
siswa
dari
7
Indikator
dan
20
Aspek
dari
23
orang
siswa
yang
diamati
yaitu
pada
siklus
I
pertemuan
pertama
sebanyak
20
orang
dikategorikan
rendah
,
dan
pada
pertemuan
kedua
tidak
ada
dan
pada
pertemuan
pertama
sebanyak
3
orang
dikategorikan
sedang
dan
11
orang
pada
pertemuan
kedua
dikategorikan sedang dan pada pertemuan pertama
dikategorikan tinggi tidak ada dan pada pertemuan kedua sebanyak 12 orang
dikategorikan tinggi, dan pada siklus II pertemuan pertama dikategorikan sedang
sebanyak 9 orang dan 7 orang pada pertemuan kedua, dan pada pertemuan
pertama dikategorikan tinggi sebanyak 14 orang dan 16 orang pada pertemuan
kedua. Ini berarti pada siklus II tingkat keaktifan meningkat dalam proses
pembelajaran.