dc.description.abstract |
Wisata bahari merupakan salah wisata yang sangat diminati para wisatawan pada
saat, selain keindahan laut dan pantai keberadaan sebuah pulau kecil juga sangat
menarik perhatian termasuk salah satunya wisata pulau dua Aceh Selatan yang
berhasil meraih kemenangan dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia Tahun
2022. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menjelaskan strategi komunikasi
pariwisata Pemerintah Aceh Selatan dalam pencapaian Anugerah Pesona
Indonesia Tahun 2022. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif.
Data yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data
dari berbagai macam sumber, yaitu observasi, wawancara, serta dokumrntasi yang
sudah dituliskan dalam catatan lapangan dan kemudian didokumentasikan secara
pribadi melalui gambar dan foto. Adapun tahapan dalam proses analisis data yaitu
penyeleksian data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil
yang diperoleh dari penelitian ini ialah pemerintah Aceh Selatan sangat
memanfaatkan keberadaan sosial media dalam pencapaian ini dan tentunya tidak
lepas dari manajemen komunikasi pariwisata yang baik. Ditemukan bahwa
strategi komunikasi pariwisata yang digunakan oleh Pemerintah Aceh Selatan
tidak lepas dari kajian-kajian yang ada didalam komunikasi pariwisata |
en_US |