dc.description.abstract |
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan
bakat dan minat dalam studi implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SD
Negeri 023899 Binjai Timur. Pendekatan penelitian adalah kualitatif yaitu
bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Responden penelitian
yakni kepala sekolah, guru dan siswa SD Negeri 023899 Binjai Timur. Alat
pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi . Hasil penelitian
pengembangan minat dan bakat siswa ini dalam implementasi Kurikulum
Merdeka menekankan pengembangan bakat dan minat sesuai karakteristik siswa.
Maka penelitian untuk siswa kelas V sudah dilakukan persiapan, pihak sekolah
merasa ada kekurangan karena siswa kurang mengembangkan bakatnya. Beberapa
kegiatan dilakukan agar siswa dapat melakukan kegaitan sesuai minat dan bakat
siswa dengan baik . Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat
pengaruh yang kuat dan signifikan antara pelaksanaan pengembangan bakat dan
minat siswa di sekolah dengan membagikan angket dan menyediakan guru yang
sesuai dengan minat dan bakat siswa di SD Negeri 023899 Binjai Timur tahun
pelajaran 2021/2022. Dari hasil penelitian terdapat interval 20 orang siswa yang
bakatnya ikut kepramukaan, dan 35 siswa mempunyai bakat seni Artinya semakin
baik pelaksanaan pengembangan minat dan bakat siswa di sekolah akan semakin
efektif peningkatan implementasi kurikulum merdeka di SD Negeri 023899
Binjai Timur. |
en_US |