Abstract:
Skripsi ini berjudul Kualitas Pelayanan Anak Terlantar Di Uptd Perlindungan
Perempuan Dan Anak Provinsi Sumatera Utara Adapun tujuan yang ingin dicapai
penulis adalah untuk Mengetahui bagaimana kualitas pelayanan Pelayanan Anak
Terlantar Di Uptd Perlindungan Perempuan Dan Anak Provinsi Sumatera Utara.
Jenis penelitian ini meruPakan penelitian kualitatif dimana Teknik yang
digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, Wawancara dan dokumentasi.
Informan pada penelitian ini berjumlah 5 orang yaitu, kepala UPTD Bapak
Syahdan Lubis, AP. Staff UPTD Ibu Widya Susanti,S.Psi, kerabat korban Ibu
Suparti dan Ibu Mirnah serta korban Hani. Pelayanan anak terlantar diberikan
dalam rangka pemenuhan hak dan kebutuhan anak secara menyeluruh,
berkualitas, dan tuntas dengan pendekatan manajemen kasus secara tepat oleh
tenaga profesional. Tuntas yang dimaksud adalah anak yang mendapatkan layanan
sesuai dengan kebutuhan klien/korban yang disediakan oleh Kementerian PPPA.
Kualitas pelayanan bagi anak anak terlantar dapat dailihat dari 6 (enam) cakupan
layanan standar yaitu: 1) Pelayanan Pengaduan; 2) Pelayanan Penjangkauan; 3)
Pelayanan Pengelolaan Kasus; 4) Pelayanan Akses Penampungan Sementara; 5)
Pelayanan Mediasi; 6) Pelayanan Pendampingan korban