Abstract:
Pariwisata merupakan salah satu industri yang memberikan banyak kontribusi
kepada sektor-sektor produktif yang dapat menunjang fasilitas wisata. Dilihat dari
kondisi geografisnya, Indonesia merupakan negara agraris dengan sumber daya
alam yang melimpah, hal ini dapat dimanfaatkan dan dikembangkan sebagai
lokasi wisata, dalam hal ini pemandu wisata (Tour Guide) juga berperan penting
dalam kemajuan wisata yang ada di Indonesia, hal ini juga semakin didukung
dengan penerapan digitalisasi sebagai peningkatan akses terhadap informasi yang
akan semakin memajukan daerah wisata sehingga profesi pemandu wisata akan
berpotensi untuk menjadi sumber mata pencaharian tetap masyarakat. Adanya
penerapan digital untuk membantu pemandu wisata penting untuk meringankan
pekerjaan untuk memperkenalkan ciri khas wisata Bukit Lawang sehingga akan
lebih menarik minat wisatawan agar meningkatnya pendapatan yang akan
dihasilkan, yang dimana ketika pendapatan meningkat maka akan meningkatkan
perekonomian desa Bukit Lawang. Strategi ini juga dianggap efektif dalam
mempromosikan berbagai destinasi dan potensi pariwisata Bukit Lawang melalui
berbagai platform, artinya digitalisasi tak hanya digunakan untuk mengenalkan
tetapi juga untuk menyebarkan keindahan pariwisata Bukit Lawang secara luas
untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang akan berkunjung.