Research Repository

PENGARUH STRATEGI BELAJAR INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS II SDN 104208 CINTA RAKYAT

Show simple item record

dc.contributor.author MEGA, LESTARI
dc.date.accessioned 2024-06-21T09:53:20Z
dc.date.available 2024-06-21T09:53:20Z
dc.date.issued 2024-03-28
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23968
dc.description.abstract Skripsi ini membahas tentang pengaruh strategi belajar Inside Outside Circle terhadap keterampilan membaca siswa kelas II SDN 104208 Cinta Rakyat. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh strategi belajar Inside Outside Circle terhadap keterampilan membaca siswa kelas II di SDN 104208 Cinta Rakyat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi belajar Inside Outside Circle terhadap keterampilan membaca siswa kelas II di SDN 104208 Cinta Rakyat. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDN 104208 Cinta Rakyat Tahun Ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 2 kelas. Teknik sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Sampling jenuh adalah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 siswa. Variabel bebas dalam pentlitian ini yaitu strategi belajar IOC dan variabel terikatnya yaitu keterampilan membaca siswa. Teknik dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes unjuk kerja berupa pretest dan posttest membaca suatu teks bacaan. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan rumus uji t-test yang didahului dengan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Rata-rata keterampilan membaca siswa sesudah diberikan perlakuan atau menggunakan Strategi Belajar IOC (Posttest) yaitu 85,25 berada pada rentang nilai interval 80 – 100 yang berarti dalam kategori Sangat Baik; 2) Rata-rata keterampilan membaca siswa sesudah diberikan perlakuan atau menggunakan Strategi Belajar Konvensional (Posttest) yaitu 52,25 berada pada rentang nilai ≤ 55 yang berarti dalam kategori Kurang; 3) Hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa Strategi Belajar IOC mempunyai nilai signifikan sebesar 0,018 < 0,05, maka Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi belajar IOC terhadap keterampilan membaca siswa. en_US
dc.subject strategi belajar IOC en_US
dc.subject pelajaran Bahasa Indonesia en_US
dc.subject keterampilan membaca siswa en_US
dc.title PENGARUH STRATEGI BELAJAR INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS II SDN 104208 CINTA RAKYAT en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account