dc.contributor.author |
MEGA, LESTARI |
|
dc.date.accessioned |
2024-06-21T09:53:20Z |
|
dc.date.available |
2024-06-21T09:53:20Z |
|
dc.date.issued |
2024-03-28 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23968 |
|
dc.description.abstract |
Skripsi ini membahas tentang pengaruh strategi belajar Inside Outside Circle
terhadap keterampilan membaca siswa kelas II SDN 104208 Cinta Rakyat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh strategi belajar
Inside Outside Circle terhadap keterampilan membaca siswa kelas II di SDN
104208 Cinta Rakyat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi
belajar Inside Outside Circle terhadap keterampilan membaca siswa kelas II di
SDN 104208 Cinta Rakyat. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis
penelitian kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas II SDN 104208 Cinta Rakyat Tahun Ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 2
kelas. Teknik sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh.
Sampling jenuh adalah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi
digunakan sebagai sampel. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 siswa.
Variabel bebas dalam pentlitian ini yaitu strategi belajar IOC dan variabel
terikatnya yaitu keterampilan membaca siswa. Teknik dalam pengumpulan data
pada penelitian ini adalah tes unjuk kerja berupa pretest dan posttest membaca
suatu teks bacaan. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan rumus uji t-test
yang didahului dengan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan uji
homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Rata-rata keterampilan
membaca siswa sesudah diberikan perlakuan atau menggunakan Strategi Belajar
IOC (Posttest) yaitu 85,25 berada pada rentang nilai interval 80 – 100 yang berarti
dalam kategori Sangat Baik; 2) Rata-rata keterampilan membaca siswa sesudah
diberikan perlakuan atau menggunakan Strategi Belajar Konvensional (Posttest)
yaitu 52,25 berada pada rentang nilai ≤ 55 yang berarti dalam kategori Kurang; 3)
Hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa Strategi Belajar IOC
mempunyai nilai signifikan sebesar 0,018 < 0,05, maka Ha diterima artinya
terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi belajar IOC terhadap
keterampilan membaca siswa. |
en_US |
dc.subject |
strategi belajar IOC |
en_US |
dc.subject |
pelajaran Bahasa Indonesia |
en_US |
dc.subject |
keterampilan membaca siswa |
en_US |
dc.title |
PENGARUH STRATEGI BELAJAR INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS II SDN 104208 CINTA RAKYAT |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |