Research Repository

PENGARUH METODE PICTURE AND PICTURE TERHADAP KREATIVITAS SISWA DI KELAS III PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 095248 BANDAR MASILAM

Show simple item record

dc.contributor.author DIANA, WAHYUN
dc.date.accessioned 2024-06-21T08:46:49Z
dc.date.available 2024-06-21T08:46:49Z
dc.date.issued 2024-06-12
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23961
dc.description.abstract Diana Wahyuni, Pengaruh Metode Picture and Picture Terhadap Kreativitas Siswa Di Kelas III Pada Mata Pelajaran Matematika Di SDN 095248 Bandar Masilam. Skripsi. Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasahan disekolah, siswa kurang berkreativitas dalam mengikut kegiatan pembelajaran dikelas karena pada pembelajaran belum menggunakan metode pembelajaran. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui pengaruh metode Picture and Picture terhadap kreativitas siswa dikelas III pada mata pelajaran matematika di SDN 095248 Bandar Masilam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 095248 Bandar Masilam kelas III berjumlah 44 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 44 siswa dengan mengambil 2 kelaas yaitu kelas III A sebagai kelas eksperimen berjumlah 22 siswa dan kelas III B sebagai kelas kontrol berjumlah 22 siswa. Instrument pada penelitian ini menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Picture and Picture terhadap kreativitas siswadi kelas III pada mata pelajaran matematika di SDN 095248 Bandar Masilam berpengaruh terhadap kreativitas siswa, karena pada hasil analisis uji t (independent t-test) diproleh hasil nilai (sig.2-tailed) 0,000 < 0,05, maka jika Ha diterima dan H0 ditolak. Artiya terdapat pengaruh metode Picture and Picture terhadap kreativitas siswa di kelas III pada mata pelajaran matematika di SDN 095248 Bandar Masilam. Hasil analisis data dirproleh rata-rata setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen yaitu 86,5. Sedangkan siswa kelas kontrol rata-rata yang diproleh tanpa perlakuan yaitu 53,6 sehingga siswa yang mendapat perlakuan dengan menggunakan metode Picture and Picture memilih rata-rata lebih tinggi dibandingkan tanpa menggunakan metode Picture and Picture. en_US
dc.subject Metode Picture and Picture, en_US
dc.subject Kreativitas Siswa en_US
dc.subject Matematika en_US
dc.title PENGARUH METODE PICTURE AND PICTURE TERHADAP KREATIVITAS SISWA DI KELAS III PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 095248 BANDAR MASILAM en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account