dc.description.abstract |
Diana Wahyuni, Pengaruh Metode Picture and Picture Terhadap Kreativitas
Siswa Di Kelas III Pada Mata Pelajaran Matematika Di SDN 095248 Bandar
Masilam. Skripsi. Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Sumatera
Utara.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasahan disekolah, siswa kurang
berkreativitas dalam mengikut kegiatan pembelajaran dikelas karena pada
pembelajaran belum menggunakan metode pembelajaran. Tujuan dari penelitian
untuk mengetahui pengaruh metode Picture and Picture terhadap kreativitas siswa
dikelas III pada mata pelajaran matematika di SDN 095248 Bandar Masilam.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 095248 Bandar Masilam
kelas III berjumlah 44 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini
menggunakan simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 44
siswa dengan mengambil 2 kelaas yaitu kelas III A sebagai kelas eksperimen
berjumlah 22 siswa dan kelas III B sebagai kelas kontrol berjumlah 22 siswa.
Instrument pada penelitian ini menggunakan lembar observasi. Teknik analisis
data pada penelitian ini menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji
homogenitas) dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode
Picture and Picture terhadap kreativitas siswadi kelas III pada mata pelajaran
matematika di SDN 095248 Bandar Masilam berpengaruh terhadap kreativitas
siswa, karena pada hasil analisis uji t (independent t-test) diproleh hasil nilai
(sig.2-tailed) 0,000 < 0,05, maka jika Ha diterima dan H0 ditolak. Artiya terdapat
pengaruh metode Picture and Picture terhadap kreativitas siswa di kelas III pada
mata pelajaran matematika di SDN 095248 Bandar Masilam. Hasil analisis data
dirproleh rata-rata setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen yaitu 86,5.
Sedangkan siswa kelas kontrol rata-rata yang diproleh tanpa perlakuan yaitu 53,6
sehingga siswa yang mendapat perlakuan dengan menggunakan metode Picture
and Picture memilih rata-rata lebih tinggi dibandingkan tanpa menggunakan
metode Picture and Picture. |
en_US |