dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk LKPD berbasis
contextual teaching and learning pada pembelajaran tematik materi kewajiban dan
hakku di kelas III SD Negeri 105297 Helvetia. Penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan R&D (Research and Development) dengan jenis model
pengembangan ADDIE yang terdiri dari (Analysis, Design, Development,
Implementation, and Evaluation). Tetapi peneliti membatasi pada tahap evaluation,
dikarenakan keterbatasan baik ditenaga, waktu, dan juga biaya yang cukup besar.
Hasil dari kevalidan LKPD berbasis Contextual Teaching and Learning pada
pembelajaran tematik materi kewajiban dan hakku dinyatakan secara keseluruhan
valid dengan kriteria Sangat Layak (SL). Hasil penilaian validasi ahli media dengan
nilai yang diperoleh 90% dengan kategori sangat layak, hasil penilaian validasi ahli
materi dengan nilai yang diperoleh 82% dengan kategori sangat layak, dan hasil
penilaian validasi ahli bahasa dengan nilai yang diperoleh 86% dengan kategori
sangat layak. Pada nilai keefektifan yang diambil dari respon guru memperoleh
nilai 92% dengan kriteria sangat baik. Pada nilai uji coba yang diambil dari respon
peserta didik kelas III-C sebanyak 15 sampel peserta didik mendapatkan nilai
91,46% dengan kriteria sanga baik. Dengan itu, pengembangan LKPD berbasis
contextual teaching and learning pada pembelajaran tematik materi kewajiban dan
hakku mencapai atau memenuhi kriteria valid dan efektif untuk digunakan dalam
proses pembelajaran di sekolah dasar khususnya di kelas III. |
en_US |