dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang belum
maksimal pada mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Adapun yang menjadi
rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan metode Project
Based Learning (PjBL) meningkatkan hasil belajar IPAS siswa di Kelas V di SDN
104232 Tanjung Morawa dan Bagaimana Hasil Belajar Siswa dengan
menggunakan metode Project Based Learning (PjBL) di Kelas V SDN 104232
Tanjung Morawa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah upaya
meningkatan hasil belajar IPAS menggunakan metode Project Based Learning
(PjBL) pada siswa kelas V di SDN 104232 Tanjung Morawa dan untuk
mengetahui hasil belajar dengan menggunakan metode Project Based Learning
(PjBL) pada siswakelas V SDN 104232 Tanjung Morawa. Alat pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah observasi untuk melihat aktifitas siswa dan gur, dan
tes untuk melihat ketercapaian hasil belajar siswa.
Jenis penelitian ini penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan dua siklus.
Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode Project Based Learning (PjBL)
untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi listrik. Sebelum
melaksanakan siklus I melakukan pretes untuk mengetahui kemampuan awal
siswa, diperoleh hasil belajar siswa yang tuntas sebanyak 5 orang (23,80%), pada
siklus I peneliti menggunakan metode Project Based Learning (PjBL) materi
listrik diperoleh hasil belajar siswa yang tuntas sebanyak 13 orang (61,90%),
sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa yang tuntas sebanyak 17 orang
(80,95%), hal ini membuktikan bahwa penggunaan metode Project Based
Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 104232
Tanjung Morawa |
en_US |