Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/2392
Title: | Pengaruh Model Pembelajaran Word Square terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Taman Dewasa (SMP Tamansiswa) Medan |
Authors: | Melati, Ema |
Keywords: | Model Pembelajaran Word Square;Minat Belajar Siswa |
Issue Date: | 20-Feb-2017 |
Abstract: | Permasalahan penelitian ini adalah Apakah Ada Pengaruh Model Pembelajaran Word Square terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Taman Dewasa (SMP Tamansiswa) Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Word Square terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Taman Dewasa (SMP Tamansiswa) Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas VII di Taman Dewasa (SMP Tamansiswa) Medan yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 81 orang siswa, Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Purposive Sampling yaitu kelas yang menjadi sampel yang diteliti adalah kelas VIIIII sebanyak 25 orang siswa. Instrument yang digunakan adalah angket tertutup. Yang mana angket ini melakukan pengamatan di Taman Dewasa (SMP Tamansiswa) Medan serta angket Model Pembelajaran Word Square terhadap minat belajar siswa. Dari hasil penelitian ini dapat dilihat peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan pengaruh model pembelajaran Word Square dengan penelitian yang dilakukan, maka ditemukan bahwa model pembelajaran Word Square sangat berpengaruh terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Ini terbukti dengan dengan nilai koefisien korelasi 𝑟ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 0,854. Dari table r Product Moment untuk N= 25 diperoleh 𝑟𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 0,3961. Jadi, karena 𝑟𝑥𝑦 (0,854) >𝑟𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (0,3961) maka korelasi Sangat Kuat. Dari hasil perhitungan hipotesis diperoleh 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 5,614 sebesar taraf signifikan α =0,05 dan dk = n – 2 = 25 – 2 = 23, maka peroleh harga 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 =1,713. Diperoleh 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 5,614 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 1,713. ini berarti Ha diterima artinya ada nya pengaruh yang signifikan antara pembelajaran Word Square terhadap minat belajar siswa. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Word Square terhadap minat belajar Siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di Taman Dewasa (SMP Tamansiswa) Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2392 |
Appears in Collections: | Pancasila and Civic Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Pengaruh Model Pembelajaran Word Square terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Taman Dewasa (SMP Tamansiswa) Medan.pdf | 2.97 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.