Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya Pengaruh Organisasi
Siswa Intra Sekolah (OSIS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PKn di
SMA Harapan Mekar Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Permasalahan
dalam penelitian ini apakah partisipasi Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)
mempengaruhi kedisiplinan para anggota pada proses belajar mengajar
berlangsung pada mata pelajaran PKn dan mempengaruhi hasil belajar siswa
pada mata pelajaran PKn. Model penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Harapan Mekar Medan yang beralamat di
jalan Marelan Raya No. 77 Rengas Pulau Medan Marelan. Adapun populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh anggota Organisasi Siswa Intra Sekolah
(OSIS) dengan jumlah 36 orang. maka sampel dalam penelitian ini adalah
keseluruhan dari jumlah populasi yaitu 36 siswa. Instrumen yang digunakan
adalah angket yang berjumlah 25 pertanyaan, dan dokumentasi berupa hasil
belajar siswa pada mata pelajaran PKn yang diperoleh dari Daftar Kumpulan
Nilai (DKN)/raport serta memakai instrumen observasi penelitian. Dari hasil
penelitian yang diperoleh data hasil belajar siswa jumlah nilai tertinggi 83 dan
terendah 65. Dapat disimpulkan bahwa pengaruh Organisasi Siswa Intra Sekolah
(OSIS) berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran
PKn pada taraf thitung > ttable, dan hasil pengujian korelasi rxy 0,992 lebih besar dari
rtabel 0,339 (0,992 > 0,339) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga
kesimpulannya adalah “terdapat pengaruh Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)
terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PKn di SMA Harapan Mekar Medan
Tahun Pembelajaran 2016/2017”.