Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SURAT PRIBADI PADA SISWA KELAS VII MTs AL-WASHLIYAH KOLAM TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author SEMBIRING, SEMBIRING
dc.date.accessioned 2024-06-15T08:28:59Z
dc.date.available 2024-06-15T08:28:59Z
dc.date.issued 2024-01-12
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23872
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan menulis surat pribadi pada siswa kelas VII MTs Al Washliyah Kolam tahun pembelajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTs Al Washliyah Kolam yang terdiri dari kelas VII-A, VII-B, VII-C, VII-D, VII-E, VII-F yang berjumlah 180 siswa dengan kelas eksperimen yaitu kelas VII-B yang berjumlah 32 siswa dan kelas kontrol yaitu kelas VII-F yang berjumlah 31 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain postest only control design dengan instrumen tes esai. Hasil dari penelitian ini diperoleh rata-rata nilai sebesar 73,8 yang berada pada kategori baik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan rincian siswa memperoleh nilai 80-100 sebanyak 14 orang (43,75%), siswa memperoleh nilai 66-79 sebanyak 9 orang (28,12%), siswa memperoleh nilai 56-65 sebanyak 7 orang (21,87%), dan siswa memperoleh nilai 40-55 sebanyak 2 orang (6,25%) oleh siswa kelas eksperimen. Nilai rata-rata sebesar 57,0 berada pada kategori cukup yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan rincian nilai 80-100 sebanyak 2 orang (6,45%), nilai 66-79 sebanyak 4 orang (12,90%), siswa yang memperoleh nilai 56-65 sebanyak 15 orang (48,38%), dan siswa yang memperolah nilai 40-55 sebanyak 8 orang (25,80%) dan siswa memperoleh nilai <39 sebanyak 1 orang (3,22%) oleh siswa kelas kontrol. Hasil uji hipotesis diperoleh 𝑡β„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 7,4 selanjutnya harga 𝑡β„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 ini dibandingkan dengan taraf signifikan Ξ±= 5 % dengan Db= 𝑛1 + 𝑛2 -2 = 61 maka diperoleh 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 1,67022. Demikian dapat diketahui 𝑡β„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 7,4 > 1,67022 maka 𝐻𝑎 diterima dengan hipotesis ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan menulis surat pribadi pada siswa kelas VII MTs Al Washliyah tahun pembelajaran 2022/2023 en_US
dc.subject Model Pembelajaran Problem Based Learning en_US
dc.subject Menulis surat pribadi en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SURAT PRIBADI PADA SISWA KELAS VII MTs AL-WASHLIYAH KOLAM TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Thesis en_US
ο»Ώ

Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account