Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem
Based Learning terhadap keterampilan menulis surat pribadi pada siswa kelas VII
MTs Al Washliyah Kolam tahun pembelajaran 2022/2023. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTs Al Washliyah Kolam yang terdiri dari
kelas VII-A, VII-B, VII-C, VII-D, VII-E, VII-F yang berjumlah 180 siswa dengan
kelas eksperimen yaitu kelas VII-B yang berjumlah 32 siswa dan kelas kontrol
yaitu kelas VII-F yang berjumlah 31 siswa. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain postest only control
design dengan instrumen tes esai. Hasil dari penelitian ini diperoleh rata-rata nilai
sebesar 73,8 yang berada pada kategori baik dengan menggunakan model
pembelajaran Problem Based Learning dengan rincian siswa memperoleh nilai
80-100 sebanyak 14 orang (43,75%), siswa memperoleh nilai 66-79 sebanyak 9
orang (28,12%), siswa memperoleh nilai 56-65 sebanyak 7 orang (21,87%), dan
siswa memperoleh nilai 40-55 sebanyak 2 orang (6,25%) oleh siswa kelas
eksperimen. Nilai rata-rata sebesar 57,0 berada pada kategori cukup yang
diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning
dengan rincian nilai 80-100 sebanyak 2 orang (6,45%), nilai 66-79 sebanyak 4
orang (12,90%), siswa yang memperoleh nilai 56-65 sebanyak 15 orang (48,38%),
dan siswa yang memperolah nilai 40-55 sebanyak 8 orang (25,80%) dan siswa
memperoleh nilai <39 sebanyak 1 orang (3,22%) oleh siswa kelas kontrol. Hasil
uji hipotesis diperoleh 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 7,4 selanjutnya harga 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 ini dibandingkan
dengan taraf signifikan Ξ±= 5 % dengan Db= 𝑛1 + 𝑛2 -2 = 61 maka diperoleh
𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 1,67022. Demikian dapat diketahui 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 7,4 > 1,67022
maka 𝐻𝑎 diterima dengan hipotesis ada pengaruh model pembelajaran Problem
Based Learning terhadap keterampilan menulis surat pribadi pada siswa kelas VII
MTs Al Washliyah tahun pembelajaran 2022/2023