Abstract:
Dalam penelitian ini terdapat rumusan masalah yaitu bagaimana pengaruh metode
eksperimen yang dilakukan dalam kemampuan menulis teks puisi dengan melihat
perbandingan nilai pretest dan posttest. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh pembelajaran model project based learning berbatuan media gambar
terhadap kemampuan menulis teks puisi pada Siswa kelas X SMK YWKA Medan
Tahun Pembelajaran 2022/2023. Populasi adalah seluruh siswa kelas X SMK
YWKA Medan yang berjumlah 15 siswa dan dibagi menjadi 3 kelompok.
Sedangkan sampel diambil sebanyak dua kali penilaian, yaitu pretest post test.
Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dalam
penelitian “ada pengaruh pembelajaran model project based learning berbantuan
media gambar terhadap kemampuan menulis teks puisi”. Pelaksanaan penelitian
ini peneliti menggunakan metode eksperimen untuk melihat ada pengaruh
perbedaan antara pretest dan posttest. Instrumen penelitian yang digunakan adalah
berupa tes yaitu pretest dan posttest. Sedangkan teknik analisis data one group
pretest-posttest design. Berdasarkan hasil analisis uji statistic penelitian ini telah
menjawab hipotesis yakni: memperoleh nilai rata-rata perbedaan antara pretest
dan posttest yang dilakukan dengan rata-rata pretest 71,67, dengan nilai rata rata
posttestsebesar 94,67 dan diperoleh Asym.Sig. (2-tailed) bernilai 0,000, karena
nilai 0,000 lebih kecil 0,05(P<0,05) dari maka dapat disimpulkan bahwa
“Hipotesis diterima” artinya ada pembelajaran model project based learning
berbatuan media gambar terhadap kemampuan menulis teks puisi pada Siswa
kelas X SMK YWKA Medan