dc.description.abstract |
Pemeliharaan jalan merupakan salah satu cara agar jalan tetap dalam kondisi yang
baik walaupun tidak semula. Pembangunan Jalan Tol ini sangat bermanfaat untuk
memperlancar laju perekonomian. Pemilihan dan penentuan alat yang tepat agar
peralatan dapat beroperasi secara efektif. Penelitian ini menggunakan teori
produktivitas alat berat, penentu jenis dan jumlah alat sesuai dengan medan
lokasi, jenis tanah yang akan digali dan dipadatkan. Dalam pekerjaan konstruksi
tersebut, apabila tenaga mesin atau alat berat seperti excavator, bulldozer,
concrete paver, dan dump truck dalam proses galian dan timbunan pada tanah.
Komposisi alat berat yang dipakai akan mempengaruhi jumlah alat dan waktu
pekerjaan alat berat yang optimum pada pelaksanaan pekerjaan tanah jalan tol
sepanjang 1000 meter pada STA 2+000 - 3+000, jam kerja alat berat
menggunakan jam kerja normal yaitu 10 jam, metode perhitungan yang dilakukan
dengan cara trial dan error. Deskripsi data yang akan disajikan dari hasil
penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran secara umum mengenai data
yang diperoleh di lapangan berupa data volume pekerjaan galian tanah
(excavating), dan pekerjaan pemadatan tanah dan sub balas (compacting).
Spesifikasinya disesuaikan dengan penggunaan alat berat di lapangan. Dari
analisis yang dilakukan, maka didapatkan hasil membutuhkan 1 unit excavator
204,6 jam, 1 unit bulldozer 108 jam, 1 unit motor grader 63,8 jam, dan 2 unit
dump truck 29 jam. |
en_US |