dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar
matematika peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran teams game
tournament di SD Ar-rahman Islamic Fullday School Medan. Penelitian ini
merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus, setiap
siklus memiliki empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan,
observasi dan refleksi. Setiap siklus dilakukan dalam tiga kali pertemuan.
Penelitian ini dilakukan di kelas V yang berjumlahkan 20 siswa. Metode analisis
data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Perkembangan pembelajaran siswa pada siklus I dan II menunjukkan adanya
peningkatan. hasil pre-test yang dilakukan oleh 20 siswa, hanya 7 siswa atau 35%
yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal dan sebanyak 13 siswa atau 65%
belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal dengan nilai rata-rata kelas adalah
67,25. Hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang tuntas belajar 11 siswa 55%
dan 9 siswa atau 45% yang tidak tuntas belajar dengan nilai rata-rata kelas 71.
Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat yaitu
siswa yang tuntas 17 siswa atau 85% dan siswa yang tidak tuntas 3 siswa atau
15% dengan nilai rata-rata kelas 81. Berdasarkan data dari setiap siklus perbaikan
yang diawali dengan tes sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa Model
Pembelajaran Teams Game Tournament Dapat Meningkatkan Hasil Belajar
Matematika di SD Ar-Rahman Islamic Fullday School Medan Tahun Ajaran
2023/2024 |
en_US |