dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen sekolah dalam
pendidikan khusus Autisme Bina Ananda Mandiri Medan. Metode pada penelitin
ini adalah kualitatif deskripsi. Penelitian ini dilaksanakan di Bina Ananda Mandiri
Medan dan tekhnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi. Hasil penelitian adalah Perencanaan pengelolaan program
pembinaan anak autisme Bina Ananda Mandiri Medan menerapkan konsep
perencanaan program pembelajaran autisme untuk dapat bersekolah di sekolah
regular dengan kategori ringan, sedang. Pertama dengan menerapkan penentuan
strategi dan pembelajaran serta pemilihan metode yang tepat diantaranya metode
ceramah, metode pembiasaan ataupun metode demontrasi. Kedua adalah
Penyediaan Sumber dan Alat pembelajaran dan ketiga Penentuan cara dan proses
dan hasil belajar, pada tahap ini adanya tes perbuatan dan tes lisan. Sekolah Bina
Ananda Mandiri Medan dalam pelaksanaan program pengembangan pendidikan
siswa autis adalah pemilihan metode pembelajaran, penggunaan media
pembelajaran dan Kerjasama dengan Guru dan orangtua dalam pelaksanaan
pembelajaran. Pelaksanaan program pengembangan pendidikan juga menerapkan
kurikulum yang dimodifikasi untuk siswa berkebutuhan khusus. Serta guru akan
membuat RPP yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik yang
berkebutuhan khusus.Guru juga melakukan evaluasi terhadap program pendidikan
inklusi., kriteria evaluasi berkaitan dengan bagaimana perilaku anak-anak
berkebutuhan khusus. Evaluasi di lakukan dengan memberikan umpan balik,
menunjukkan kegembiraan, dan menanamkann nilai-nilai kepada anak Autis
Penilaian efektivitas yang dilakukan dengan mempersipkan asesmen untuk
layanan pendidikan anak autis, Pengumpulan data asesmen untuk layanan
pendidikan anak autis, dan tindak lanjut hasil pelaksanaan asesmen untuk layanan
pendidikan anak autis. |
en_US |