Research Repository

PENGARUH MEDIA MOTE (MONOPOLI TEMATIK) TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA PADA TEMA 4 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1 SEKOLAH DASAR KELAS IV SD NEGERI NO. 101947 TANJUNG BULUH

Show simple item record

dc.contributor.author ANANDA, ANGGI DWI
dc.date.accessioned 2024-05-30T02:56:32Z
dc.date.available 2024-05-30T02:56:32Z
dc.date.issued 2023-11-25
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23704
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya siswa dalam memahami materi dikarenakan pada proses pembelajaran belum menggunakan media pembalajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran MOTE (Monopoli Tematik) terhadap berpikir kritis siswa pada tema 4 subtema 1 pembelajaran 1 sekolah dasar kelas IV SD Negeri No.101947 Tanjung Buluh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri No.101947 Tanjung Buluh kelas IV yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen berjumlah 20 siswadan kelas IV B sebagai kelas kontrol berjumlah 20 siswa. Intrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar tes. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Hasil analisis data diperoleh rata-rata setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen yaitu 70,2. Sedangkan siswa kelas kontrol rata-rata tanpa perlakuan yaitu 57,1. Sehingga siswa yang mendapat perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran MOTE (Monopoli Tematik) memiliki rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan tanpa menggunakan media pembelajaran MOTE (Monopoli Tematik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran MOTE (Monopoli Tematik) berpengaruh terhadap berpikir kritis siswa, karena pada hasil analisis uji t (independent t-test) diperoleh hasil nilai (sig.2-tailed) 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya, terdapat pengaruh media pembelajaran MOTE (Monopoli Tematik) terhadap berpikir kritis siswa SD Negeri No.101947 Tanjung Buluh en_US
dc.subject Media MOTE (Monopoli Tematik) en_US
dc.subject Berpikir Kritis en_US
dc.title PENGARUH MEDIA MOTE (MONOPOLI TEMATIK) TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA PADA TEMA 4 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1 SEKOLAH DASAR KELAS IV SD NEGERI NO. 101947 TANJUNG BULUH en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account