Abstract:
Transportasi laut adalah pengangkutan batu bara dan bahan bakar melalui jaringan
transportasi air. Transportasi merupakan aset yang sangat penting dan berharga,
transportasi harus dikelola dengan baik dan benar, khususnya yang berhubungan
dengan transportasi laut guna menjalankan roda perekonomian.Cylinder Head
merupakan salah satu bagian utama mesin pada kapal, yang dipasang pada blok
silinder dan diikat menggunakan baut. Penelitian ini dilaksanakan di atas kapal
Tugboat Cantika 1 milik perusahaan PT.Waruna Shipyard selama 1 bulan. PT
Waruna Shipyard sebagai salah perusahaan galangan kapal yang cukup besar. PT
Waruna Shipyard sendiri tidak hanyak menyediakan kapal-kapal yang besar, tetapi
juga sebagai wadah perbaikan dan pembuatan kapal dari luar kota. Metode yang
digunakan adalah metode kualitatif dimana penelitian ini dimulai dengan langkah
mengamati objek dan mencatat data yang diperoleh dari manual book serta
wawancara yang berhubungan dengan penelitian ini.Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa penyebab terjadinya keretakan cyilinder head pada mesin
induk disebabkan oleh terjadinya hambatan pada exhaust valve sehingga mesin
overheat dan disebabkan kurangnya pendingin (cooler) pada Cylinder Head. Hasil
analisis Cylinder Heat pada kapal Tugboat Cantika 1 di perusahaan PT Waruna
Shipyard dinyatakan layak pakai karena masih memenuhi standart ISO
(International Organization for Standardization). Dengan nilai minimal ketebalan
Cylinder Headsebesar 157.60 mm dan nilai ketebalan Cylinder Head yang baru
158,10 mm.