Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Directed
Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap kemampuan memahami unsur intrinsik
teks fabel oleh siswa kelas Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Medan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 7
Medan yang berjumlah 144 siswa, dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas
VII-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-5 sebagai kelas kontrol dengan jumlah
54 siswa, 26 siswa kelas eskperimen 28 siswa kelas kontrol. Objek yang diteliti
adalah penggunaan metode Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap
kemampuan memahami unsur intrinsik teks fabel. Instrumen penelitian yang
digunakan adalah berupa tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji u (U Mann Whitney Test). Berdasarkan hasil analisis uji statistik penelitian ini telah
menjawab hipotesis yakni: memperoleh nilai rata-rata perbedaan antara posttest kelas
kontrol dengan rata-rata 66,29 (sebelum diberikan treatment) dengan nilai postest
kelas eksperimen dengan rata-rata 85,09 (sesudah diberikan treatment) yaitu
Asym.Sig. (2-tailed) bernilai 0,000, karena nilai 0,000 lebih kecil dari < 0,05, maka
dapat disimpulkan bahwa “Hipotesis diterima” artinya ada perbedaan dari sebelum
dan sesudah penggunaan metode pembelajaran Directed Reading Thinking Activity
(DRTA) dalam kegiatan memahami unsur intrinsik teks fabel oleh siswa Kelas VII
SMP Muhammadiyah 7 Medan.