dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Sekolah dalam
Meningkatkan Keungggulan Lulusan Masuk ke Pendidikan Tinggi di SMA Negeri
1 Perbaungan. Dalam Penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif
dengan jenis pendekatan analisis kualitatif. Data yang dikumpulkan yaitu dengan
menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data
menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan
pengamatan, triangulasi, dan menggunakan referensi. Dari hasil penelitian ini
diperoleh bahwa Strategi sekolah dalam meningkatan keunggulan lulusan diawali
dari komitmen sekolah dalam meningkatkan mutu,kemudian diikuti dengan
peningkatan sumber daya/Profesionalisme guru dan tenaga kependidikan,
peningkatan sarana prasarana, peningkatan manajemen kepala sekolah yang kuat.
Strategi dalam meningkatkan mutu lulusan tersebut memerlukan keterlibatan
seluruh elemen organisasi, mulai dari kepala sekolah, guru,staf sekolah , siswa.
Selain itu pihak-pihak eksternal yang terkait seperti orang tua/wali siswa,
pemerintah, masyarakat, dan stakeholder yang ada. |
en_US |