dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa pentingnya pembelajaran sesuai
dengan standar proses di sekolah. Penelitian ini menjelaskan strategi kepala sekolah
dalam meningkatkan standar proses di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Mandailing
Natal. Pembelajaran sesuai dengan standar proses terntunya memerlukan strategi
kepala sekolah, mulai dari perencanaan, implementasi dan evaluasi supaya
pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Jenis penelitian ini adalah studi kasus.
Metode yang digunakan analisis deskriptif dengan menggunakan pendekatan
kualitatif, sumber datanya adalah Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah
bidang Kurikulum dan guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Mandailing Natal.
Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Prosedur penelitian dimulai dari perencanaan, pengumpulan data, reduksi data,
menganalisis dan menyimpulkan. Teknik analisis data menggunkan model Miles
and Huberman. Uji keabsahan dengan cara triangulasi sumber dan triangulasi
teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan strategi kepala
sekolah dalam meningkatkan standar proses yaitu : a. menetapkan tujuan standar
proses, b.pengembangan silabus dan RPP, c.menyusun rencana pembelajaran 2)
implementasi strategi kepala sekolah dalam meningkatkan standar proses yaitu:
a.Pembentukan rombongan belajar/ kelompok mata pelajaran, b. Pembelajaran
berbasis kompetensi, c.Pembelajaran dengan keterampilan aflikatif dan
d.Pemanfaatan media pembelajaran 3) evaluasi strategi kepala sekolah dalam
meningkatkan standar proses adalah dengan pemantauan proses pembelajaran,
supervisi, pelaporan dan tindak lanjut |
en_US |