Abstract:
Dalam penjualan kopi meulawi, UMKM Meulawi Kopi belum pernah
menggunakan penjualan kopi berbasis Website. Meulawi Kopi merupakan sebuah
toko kopi yang menjual berbagai macam jenis kopi. Meulawi Kopi ingin
mempunyai alternatif tambahan untuk mengelola aspek-aspek bisnis mereka,
seperti penjualan online berbasis Website. Untuk itu maka dirancang sebuah
tampilan website e-commerce dengan fokus menjualkan produk kopi Gayo 100%
asli tanpa campuran yang berbasis website. User Experience (UX) merupakan
komponen utama dalam merancang sebuah pengembangan e-commerce hingga
merancang sebuah tampilan desain User Interface (UI). Dalam artikel ini
menerangkan bagaimana UI/UX dirancang dengan metode Design Thinking.
Design Thinking Terdapat 5 (lima) tahapan yaitu emphaty, define, ideate,
prototype dan testing. Dengan metode Design Thinking dalam pembuatan e commerce, dihasilkanlah sebuah website Meulawi Kopi yang sesuai dengan
pengalaman, keinginan serta kebutuhan user atau pengguna.