Abstract:
Kualitas pelayanan merupakan suatu bentuk penilaian konsumen terhadap tingkat
layanan yang diterima (perceived service) dengan tingkat layanan yang di harapkan (expected serviced). Agar dapat bersaing, bertahan hidup, dan berkem bang, maka perusahaan mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen
dengan memberikan pelayanan yang terbaik dan berkualitas, masalah yang
temukan ialah kurangnya suatu kegiatan palayanan dalam menjaga kepuasan
pelanggan di grapari telkomsel mini multatuli.promosi adalah usaha pemasaran
yang memberikan berbagai upaya intensif jangka pendek untuk mendorong
keinginan mencoba atau membeli suatu produk ataupun jasa. Pelayanan suatu
bentuk penilaian konsumen terhadap tingkat layanan yang diterima dengan tingkat
layanan yang diharapkan agar dapat bersaing. Penelitian ini membahas pengaruh
promosi dan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Menggunakan metode
kuantitatif dengan jumlah responden 122 orang (Pelanggan). Hasil penelitian ini
adalah ada pengaruh promosi terhadap kepuasan pelanggan dengan berpengaruh
(X1) terhadap kepuasan pelanggan (Y), karena nilai ttabel > thitung (4,868 >
1,677). Pelayanan mempunyai pengaruh dan signifikan terhadap kepuasan
pelanggan dengan nilai Nilai Fhitung > Ftabel diperoleh 43,389 > 3,191. Secara
bersama-sama atau simultan promosi dan pelayanan berpengaruh terhadap kepua san pelanggan