Research Repository

PENGELOLAAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 24 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author SYAFITRI, ARDILA
dc.date.accessioned 2023-11-30T01:01:36Z
dc.date.available 2023-11-30T01:01:36Z
dc.date.issued 2023-11-30
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23452
dc.description.abstract Dalam pembelajaran kontekstual, guru menghadirkan situasi dunia nyata ke dalam kelas dan mendorong siswa untuk membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Dengan konsep ini, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung lebih alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan transfer pengetahuan dari guru ke siswa. Dalam kelas kontekstual, tugas guru hanya mencapai tujuannya. Guru lebih banyak berurusan dengan strategi dari pada memberi informasi. Tugas guru mengelola kelas sebagai sebuah tim yang bekerja bersama-sama untukmenemukan sesuatu yang baru bagi anggota kelas (siswa). sesuatu yang baru datang dari menemukan sendiri bukan dari apa kata guru. Begitulah peran guru di kelas yang dikelola dengan pembelajaran kontekstual. Adapun pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan metode kualitatif. Sumber data pada penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh dengan observasi langsung dilapangan dan data sekunder diperoleh dengan melakukan wawancara mendalam terhadap para informan. Hasil dari penelitian ini dapat di simpulkan bahwa pengelolaan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sangatlah efektif karena mendorong guru untuk lebih memperhatikan kreativitas siswa dalam belajar dan meningkatkan keaktifan, ide kreasi serta kemampuan siswa dikelas maupun diluar kelas dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 24 Medan en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Pengelolaan en_US
dc.subject Pembelajaran Kontekstual dan Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title PENGELOLAAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 24 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account