dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat belajar siswa pada
pembelajaran PKn siswa di kelas III SD Muhammadiyah 19, Hal ini di sebabkan
oleh kurangnya penggunaan metode yang bervariasi sehingga menyebabkan
pembelajaran menjadi monoton dan menyebabkan siswa kehilangan minat belajar
pada pembelajaran PKN,karena metode yang digunakan oleh guru kurang
menarik. masalah seperti kurang nya minat belajar siswa pada pembelajaran PKN
yang masih tergolong rendah,masih ada siswa yang tidak memiliki perasaan
tertarik dalam pembelajaran Pkn sebanyak 10 siswa,dan siswa yang tidak mau
berpartisipasi aktif dalam pembelajaran Pkn sebanyak 6 siswa,perasaan senang
pada pembelajaran Pkn terdapat siswa 4 pada pembelajaran ini,terdapat 2 siswa
yang merasa nyaman saat pembelajaran Pkn berlansung,terdapat 4 siswa yang
memiliki kemauan untuk belajar,terdapat 3 siswa yang memperhatikan saat
pembelajaran Pkn berlansung. Rumusan masalah yang terdapat pada penelitian ini
yaitu,Bagaimana pengaruh minat belajar siswa sebelum menggunakan metode
Role Playing pada pembelajaran PKn.Bagaimana pengaruh minat belajar siswa
sesudah menggunakan metode Role Playing pada mata pelajaran PKn.Bagaimana
pengaruh minat belajar siswa pada pembelajaran PKn dengan menggunkan
metode Role Playing.Jenis penelitian yang digunakan adalah Eksperimen. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 26 siswa. Tehnik
pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi
yang di bagikan kesiswa kelas atas IV untuk mevalidkan lembar observasi yang
dimana jumlah siswa nya 17 siswa setelah divalidkan maka dibagikan ke siswa
kelas III sebelum menggunakan metode Role Playing dan sesudah menggunakan
metode Role Playing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan minat
belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas III SD Muhammadiyah 19
Medan.Hasil Minat belajar siswa sebelum diterapkan metode belajar siswa pada
kelas III diperoleh hasil rata-rata skor Pretest 47,50 dan setelah diberikan
perlakuan dan diberikan Post-test mengalami peningkatan menjadi 88,50. Hal
tersebut menunjukkan bahwa penggunaan metode Role Playing memiliki
pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada kelas III.Dengan demikian metode
Role Playing dapat digunakan sebagai metode pembelajaran yang dapat
menigkatkan minat belajar siswa |
en_US |