Research Repository

Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Kelas Ix Smp Negeri 1 Batang Kuis

Show simple item record

dc.contributor.author Atmaja, Tri Winata
dc.date.accessioned 2020-03-10T06:43:04Z
dc.date.available 2020-03-10T06:43:04Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2340
dc.description.abstract Permasalahan selalu ada dalam kehidupan, siswa yang belajar dengan cara menghafal, suka menunda-nunda mengerjakan tugas dari guru, sulit berkonsentrasi dalam belajar, rasa ingin tahu yang rendah, kurang percaya diri, dan hanya mendengarkan tanpa mengkaji pelajaran yang sedang berlangsung di dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa di kelas IX SMP Negeri 1 Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Batang Kuis berjumlah sebanyak 353 siswa dan objeknya adalah 9 siswa. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara yang sesuai dengan Meningkatkan Keterampilan Berpikir Siswa Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan diterapkannya layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama keterampilan berpikir kritis siswa dapat meningkatseiring pembiasaan dalam proses belajar mengajar dikelas. Dengan adanya layanan tersebut, masalah anak yang berpikir kritisnya rendah sudah mulai meningkat 70 – 80 % khususnya pada kelas IX di SMP Negeri 1 Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2017/2018. en_US
dc.subject Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis en_US
dc.subject Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama en_US
dc.title Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Kelas Ix Smp Negeri 1 Batang Kuis en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account