dc.description.abstract |
Permasalahan selalu ada dalam kehidupan, siswa yang belajar dengan cara
menghafal, suka menunda-nunda mengerjakan tugas dari guru, sulit
berkonsentrasi dalam belajar, rasa ingin tahu yang rendah, kurang percaya diri,
dan hanya mendengarkan tanpa mengkaji pelajaran yang sedang berlangsung di
dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan
berpikir kritis siswa di kelas IX SMP Negeri 1 Batang Kuis Tahun Pembelajaran
2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1
Batang Kuis berjumlah sebanyak 353 siswa dan objeknya adalah 9 siswa. Adapun
instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi dan
wawancara yang sesuai dengan Meningkatkan Keterampilan Berpikir Siswa
Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama. Adapun teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan reduksi
data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan diterapkannya
layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama keterampilan berpikir kritis
siswa dapat meningkatseiring pembiasaan dalam proses belajar mengajar dikelas.
Dengan adanya layanan tersebut, masalah anak yang berpikir kritisnya rendah
sudah mulai meningkat 70 – 80 % khususnya pada kelas IX di SMP Negeri 1
Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2017/2018. |
en_US |