dc.contributor.author |
Sembiring, Lia Viola Nita |
|
dc.date.accessioned |
2020-03-10T06:40:27Z |
|
dc.date.available |
2020-03-10T06:40:27Z |
|
dc.date.issued |
2018-03-20 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2339 |
|
dc.description.abstract |
Permasalahan dalam penelitian adalah Bagaimana meningkatkan rasa tanggung
jawab melalui pembelajaran karakter cerdas format kelompok. Objek dalam
penelitian ini sebanyak 5 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian
menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan
yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Dari observasi dan wawancara
yang dilakukan oleh peneliti terhadap keadaan siswa setelah diberikan PKC-KO
untuk meningkatkan rasa tanggung jawab pada siswa X TKR SMK Swasta
Bandung 2 dapat dilihat bahwa para siswa sudah mampu meningkatkan rasa
tanggung jawab, sudah mulai bisa bertanggung jawab dalam hal tidak terlambat
lagi datang ke sekolah dan mengikuti pelajaran, dan sudah mengerjakan tugas
yang diberikan gurunya. Mereka sudah mengerti arti dari rasa tanggung jawab dan
mereka telah menerapkan dalam kehidupannya sehari-hari. Dengan demikian,
pembelajaran karakter cerdas format kelompok telah berhasil dilaksanakan pada
kelas X TKR SMK SWASTA BANDUNG 2 T.A 2017/2018. Hal ini dapat dilihat
dengan adanya perubahan pada setiap pertemuan yang mengarah pada
peningkatan rasa tanggung jawab siswa dalam berpaartisipasi dalam suatu
kegiatan atau acara. |
en_US |
dc.subject |
Pembelajaran Karakter Cerdas Format Kelompok |
en_US |
dc.subject |
Meningkatkan Rasa Tanggung jawab. |
en_US |
dc.title |
Meningkatkan Rasa Tanggung Jawab Melalui Pembelajaran Karakter Cerdas Format Kelompok Pada Siswa Kelas X TKR SMK SWASTA BANDUNG |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |