Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Melakukan analisa deskriptif mengenai
perkembangan jumlah UMKM dan jumlah kunjungan Pos Bloc Medan serta
Melakukan analisa faktor untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi
masyarakat terahadap revitalisasi aset bersejarah kantor pos menjadi Pos Bloc.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi deskriptif dengan
menggunakan teknik analisis Faktor. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa
Mayoritas UMKM di Pos Bloc bergerak dibidang Food and Baverage sehingga
banyak pengunjung menjadikan Pos Bloc sebagai tempat untuk bersantai dengan
keluarga maupun teman. Dan pada hari weekdays pengunjung Pos Bloc dapat
mencapai 1300 – 1400 pengunjung sedangkan, pada hari weekend pengunjung
dapat mencapai 2800 pengunjung. Lebih lanjut, intensitas pengunjung akan
berkurang ketika cuaca hujan yaitu hanya berkisar 700 – 800 pengunjung.
Mayoritas Dalam penelitian ini diperoleh sebuah model instrumen analisis faktor
terhadap penggunaan Persepsi Masyarakat Terhadap Revitalisasi Aset Bersejarah
Kantor Pos Menjadi Pos Bloc yaitu faktor pengalaman, budaya, psikologi, nilai,
dan keyakinan.