dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan
perencanaan, proses pembelajaran , dan evaluasi metode Tamyiz di Sekolah SMP
IT Al Munadi Medan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kualitatif dengan jenis field research. Teknik pengumpulan data yaitu : observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan
Huberman, dengan langkah-langkah yaitu : reduksi data, penyajian data,
penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik
dan triangulasi sumber.
Hasil penelitiannya : 1) Penerapan metode Tamyiz di Sekolah SMP IT Al
Munadi Medan menerapkan cara belajar Tamyiz Inside yaitu menyisipkan Tamyiz
pada kurikulum dan menjadi program unggulan. Perangkat pembelajaran Tamyiz
berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Silabus (Standart Pengajaran
Tamyiz), Batasan Materi Tamyiz, dan Buku pegangan Guru. 2) Di kelas VII
diketahui bahwasanya dalam proses pembelajaran Tamyiz diterapkan secara
berkelompok dan guru Tamyiz berperan penting dalam memberikan suasana
belajar yang menyenangkan kepada siswa agar siswa dapat menyerap materi
dengan baik sehingga keterampilannya dalam menterjemah Al-Qur‟an meningkat.
3) Evaluasi metode Tamyiz di Sekolah SMP IT Al Munadi Medan kelas VII
dilakukan secara kontinyu dan terstruktur sesuai dengan tujuan pembelajaran yang
meliputi evaluasi harian, evaluasi tengah semester, dan evaluasi akhir semester
yang berupa tes tulis dan tes lisan. |
en_US |