dc.description.abstract |
Minat menggunakan adalah suatu keinginan atau ketertarikan individu
dalam melakukan sesuatu aktivitas dengan cara yang sadar dari dalam dirinya
untuk mencapai suatu tujuannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
bagaimana pengaruh persepsi manfaat dan persepsi kemudahan terhadap minat
menggunakan e-Money Dengan kepercayaan sebagai variabel intervening pada
generasi Z. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunkan jenis
pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara yang
berjumlah 3.875 orang, sedangkan metode penelitian sampel menggunakan rumus
slovin, sehingga didapatkan sampel sebanyak 100 orang. Instrumen penelitian ini
berbentuk tes alat pengumpulan data digunakan alat pengumpulan data
menggunakan wawancara (interview) dan Kuesioner. Dalam penelitian ini teknik
analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif, menggunakan Model
Analisis Jalur Statistic yakni Partial Least Square-Structural Equesion Model
(PLSSEM) dengan analisis outer model dan inner model. Hasil menunjukan
bahwa Persepsi Manfaat berpengaruh signifikan terhadap Minat Menggunakan E Money dengan nilai original sampel 0,378 dan P-Values 0,001 < 0,05, Persepsi
Kemudahan tidak berpengaruh signifikan terhadap Minat Menggunakan E-Money
dengan nilai original sampel 0,191 dan P-Values 0,128 > 0,05, Persepsi Manfaat
berpengaruh signifikan terhadap Kepercayaan dengan nilai original sampel 0,505
dan P-Values 0,000 < 0,05, Persepsi Kemudahan berpengaruh signifikan terhadap
Kepercayaan dengan nilai original sampel 0,351 dan P-Values 0,000 < 0,50,
Kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap Minat Menggunakan E-Money
dengan nilai original sampel 0,306 dan P-Values 0,030 < 0,05, Persepsi Manfaat
berpengaruh signifikan terhadap Minat Menggunakan E-Money yang dimediasi
Kepercayaan dengan nilai P-Values 0,048 > 0,05, Persepsi Kemudahan tidak
berpengaruh signifikan terhadap Minat Menggunakan E-Money yang dimediasi
Kepercayaan dengan nilai P-Values 0,061 > 0,05. |
en_US |