Research Repository

Pengaruh Metode Talking Stick Melalui Permaianan Truth Or Dare Terhadap Kemampuan Komunikasi Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA Di SD Negeri 104193 Hamparan Perak

Show simple item record

dc.contributor.author fransiska, Yulia
dc.date.accessioned 2023-11-29T02:44:14Z
dc.date.available 2023-11-29T02:44:14Z
dc.date.issued 2023-11-29
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23360
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode talking stick berbasis permainan truth or dare terhadap kemampuan komunikasi peserta didik pada pembelajaran IPA di SD Negeri 104193 Hamparan Perak. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 104193 yang berjumlah 42 orang yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas IV-A sebanyak 21 siswa dan kelas IV-B sebanyak 21 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik sampling jenuh di mana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai rata-rata yang menggunakan metode Talking stick berbasis permainan truth or dare lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata siswa tanpa menggunakan metode Talking stick dengan nilai rata-rata yaitu 70,76 dengan 56,48. Nilai tertinggi siswa sebelum menggunakan metode pembelajaran Talking stick berbasis permainan truth or dare adalah 85. Nilai tertinggi siswa sesudah menggunakan metode Talking stick berbasis permainan truth or dare adalah 93. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis yang telah dilakukan peneliti pada (uji t) perhitungan menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 0,000 diperoleh nilai thitung sebesar 85,279, sedangkan untuk ttabel pada N = 42-2, itu adalah 1.684. Maka thitung 85,279 > ttabel 1,684. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Metode Talking Stick Berbasis Permainan Truth Or Dare terhadap keterampilan komunikasi siswa kelas IV A SDN 104193 Hamparan Perak en_US
dc.subject Keterampilan Komunikasi, Metode Talking Stick. en_US
dc.title Pengaruh Metode Talking Stick Melalui Permaianan Truth Or Dare Terhadap Kemampuan Komunikasi Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA Di SD Negeri 104193 Hamparan Perak en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account