Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan prestasi siswa tunarungu di Sekolah Luar Biasa (SLB) Taman Pendidikan Islam (TPI) kecamatan medan amplas, Medan, khususnya prestasi non akademik.
Pendekatan teori yang digunakan adalah teori interpersonal yang memiliki prespektif yaitu prespektif komponen, prespektif pengembangan, prespektif relasional.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu sebagai prosedur penelitian yang menggunakan teknik wawancara langsung sehingga menghasilkan data berupa kata-kata tertulis atau lisan dari informan. Narasumber dalam penelitian ini berjumlah 4 orang, yaitu terdiri dari 2 guru dan 2 siswa.
Hasil dari penelitian ini adalah Pola komunikasi interpesonal guru dalam meningkatkan prestasi non akademik siswa tunarungu di SLB TPI Kota Medan adalah menggunakan pendekatan yang lebih menekankan pada sisi perhatian, empati dan rasa kekeluargaan. Semua itu bertujuan agar siswa dapat memahami maksud dari guru pada saat kegiatan non akademik sedang dilaksanakan.
Selain itu guru juga melakukan penanaman nilai-nilai moral dan kedisiplinan kepada siswa untuk membentuk karakter mereka dan menjadikan siswa-siswanya menjadi memiliki sikap tanggung jawab. Peningkatan prestasi yang dicapai oleh siswa dilatar belakangi karena rasa nyaman dan rasa senang yang meliputi diri para siswa tersebut dengan pola komunikasi yang diterapkan oleh guru pembimbing. Sehingga mereka fokus dan disiplin ketika latihan serta bisa memahami satu sama lain.