Research Repository

Pengaruh Layanan Informasi Menggunakan Multimedia Dalam Meningkatkan Kebiasaan Belajar Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2

Show simple item record

dc.contributor.author Lestari, Suci Dwi Mara
dc.date.accessioned 2020-03-10T06:23:28Z
dc.date.available 2020-03-10T06:23:28Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2332
dc.description.abstract Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana layanan informasi menggunakan multimedia siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2? (2) Bagaimana kebiasaan belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2? (3) Adakah pengaruh layanan informasi menggunakan multimedia dalam meningkatkan kebiasaan belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 tahun pembelajaran 2017/2018? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) layanan informasi menggunakan multimedia siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2, (2) kebiasaan belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2, (3) pengaruh layanan informasi menggunakan multimedia dalam meningkatkan kebiasaan belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 tahun pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain pre-test and post-test group. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 yang terdiri dari tiga kelas. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sample yang diambil yaitu dari kelas VIII A dan VIII C dengan jumlah 30 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket, data kebiasaan belajar siswa sebelumnya diujicobakan untuk mengetahui validitas dengan menggunakan rumus Product Moment, dan reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Teknik analisa data menggunakan rumus uji-t dan taraf signifikan 5% dengan menggunakan bantuan Microsoft Exel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Layanan informasi menggunakan multimedia siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 dalam kategori tinggi. Hal ini dapat dilihat dari hasil post-test diperoleh rata-rata = 101,2 dan SD = 3,82 yaitu terdapat antara skor 96–127, (2) Kebiasaan belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 dalam kategori sedang. Hal ini dapat dilihat pada hasil pre-test diperoleh rata-rata = 69,67 dan SD = 3,26 yaitu terdapat antara skor 64–95, dan (3) Layanan informasi menggunakan multimedia mempunyai pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kebiasaan belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 tahun pembelajaran 2017/2018. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil uji-t yang diperoleh dari perhitungan dengan hasil t > t (63,06 > 1,699, artinya hipotesis yang diajukan yang berbunyi “Layanan informasi menggunakan multimedia berpengaruh dalam meningkatkan kebiasaan belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Tahun Pembelajaran 2017/2018”, dapat diterima. en_US
dc.subject Layanan Informasi en_US
dc.subject Multimedia en_US
dc.subject Kebiasaan Belajar en_US
dc.title Pengaruh Layanan Informasi Menggunakan Multimedia Dalam Meningkatkan Kebiasaan Belajar Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account