dc.description.abstract |
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana
layanan informasi menggunakan multimedia siswa kelas VIII SMP
Muhammadiyah 2? (2) Bagaimana kebiasaan belajar siswa kelas VIII SMP
Muhammadiyah 2? (3) Adakah pengaruh layanan informasi menggunakan
multimedia dalam meningkatkan kebiasaan belajar siswa kelas VIII SMP
Muhammadiyah 2 tahun pembelajaran 2017/2018?
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) layanan informasi menggunakan
multimedia siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2, (2) kebiasaan belajar siswa
kelas VIII SMP Muhammadiyah 2, (3) pengaruh layanan informasi menggunakan
multimedia dalam meningkatkan kebiasaan belajar siswa kelas VIII SMP
Muhammadiyah 2 tahun pembelajaran 2017/2018.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain
pre-test and post-test group. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP
Muhammadiyah 2 yang terdiri dari tiga kelas. Sampel penelitian diambil dengan
menggunakan teknik purposive sample yang diambil yaitu dari kelas VIII A dan
VIII C dengan jumlah 30 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan
menggunakan angket, data kebiasaan belajar siswa sebelumnya diujicobakan
untuk mengetahui validitas dengan menggunakan rumus Product Moment, dan
reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Teknik analisa data menggunakan rumus
uji-t dan taraf signifikan 5% dengan menggunakan bantuan Microsoft Exel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Layanan informasi menggunakan
multimedia siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 dalam kategori tinggi. Hal
ini dapat dilihat dari hasil post-test diperoleh rata-rata = 101,2 dan SD = 3,82 yaitu
terdapat antara skor 96–127, (2) Kebiasaan belajar siswa kelas VIII SMP
Muhammadiyah 2 dalam kategori sedang. Hal ini dapat dilihat pada hasil pre-test
diperoleh rata-rata = 69,67 dan SD = 3,26 yaitu terdapat antara skor 64–95, dan
(3) Layanan informasi menggunakan multimedia mempunyai pengaruh yang
signifikan dalam meningkatkan kebiasaan belajar siswa kelas VIII SMP
Muhammadiyah 2 tahun pembelajaran 2017/2018. Hal ini dapat ditunjukkan dari
hasil uji-t yang diperoleh dari perhitungan dengan hasil t > t (63,06 >
1,699, artinya hipotesis yang diajukan yang berbunyi “Layanan informasi
menggunakan multimedia berpengaruh dalam meningkatkan kebiasaan belajar
siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Tahun Pembelajaran 2017/2018”, dapat
diterima. |
en_US |