Abstract:
Minum kopi kini sudah menjadi gaya hidup bagi anak-anak gen Z dan
bukan sekedar minuman penghilang rasa kantuk dan bukan hanya untuk kalangan
yang sudah tua. Ini tercermin dari menjamurnya kafe atau kedai-kedai penjual
minuman dari seduhan bubuk kopi di seluruh nusantara. Kini untuk dapat
menikmati kopi yang berkualitas tidak hanya di Starbucks atau di Coffee Bean.
Sebab, kafe penjaja minuman kopi lokal kini telah hadir di mana-mana, dari
pinggir-pinggir jalan, kawasan bisnis hingga ke mall.. Tujuan penelitian ini
adalah(1) Melakukan analisa ekonomi secara deskriptif tentang produksi kopi dan
ekspor kopi di Indonesia dan (2) Menganalisis faktor-faktor yang menentukan
budaya minum kopi gen Z dalam memilih tempat untuk minum kopi di Kota
Medan . Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dengan sumber data
sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara observasi dan
menggunakan teknik analisis jalur. Hasil penelitian Faktor Ekonomi berpengaruh
terhadap Perilaku minum kopi pada Generasi Z di Kota Medan. Hasil pengujian
hipotesis menunjukkan bahwa Gaya hidup berpengaruh terhadap Perilaku minum
kopi pada Generasi Z di Kota Medan, Fasilitas Kafe berpengaruh terhadap
Perilaku minum kopi pada Generasi Z di Kota Medan